QRIS, dari SPIN - Smart Payment Indonesia

 QRIS, dari SPIN - Smart Payment Inonesia

PT . MNC Teknologi Nusantara




Mengenal Lebih Dekat dengan QRIS


Hey Kamu! Kenalan lebih dekat yuk dengan QRIS, QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard, yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Tujuannya supaya transaksi apapun yang menggunakan QR Code menjadi lebih praktis, cepat, dan aman.

Yang bikin QRIS itu berbeda adalah dengan satu kode QR kamu bisa bertransaksi pakai aplikasi SPIN – Smart Payment Indonesia dan semua aplikasi pembayaran digital lainnya yang kamu punya loh.

Keuntungan menggunakan QRIS adalah semua transaksi jadi lebih efisien dan praktis, fleksibel dalam memilih transaksi pembayaran, dan aman. Kamu bisa menggunakan aplikasi SPIN untuk bayar belanjaan dan jajanan di berbagai macam merchant favoritmu di seluruh Indonesia yang berlogo QRIS. Selain itu, sekarang kamu juga bisa membeli produk secara langsung di iklan TV, keren banget kan QRIS!

Yuk mulai hidup cashless sekarang dengan mendownload SPIN – Smart Payment Indonesia yang sudah tersedia di Play Store dan Appstore kamu. Link untuk mendownload :


Untuk informasi lebih lanjut mengenai QRIS, kamu bisa cek informasi yang sudah SPIN rangkum yang bersumber dari aspi-indonesia, berikut ini:



Apa itu QR Code?

Di zaman yang serba digital saat ini, pembayaran elektronik pasti sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia. Mungkin kalian salah satunya yang bayar kopi tanpa mengeluarkan uang tunai, alias tinggal ngeluarin ponsel dan nge-scan QR Code yang tertera di meja kasir atau di struk pembayaran yang diberikan oleh kasirnya.
Jadi sebenarnya, QR Code itu apa sih? QR Code itu adalah sebuah kode matriks 2 dimensi, terdiri atas penanda tiga pola persegi pada sudut kiri bawah, sudut kiri atas dan sudut kanan atas, memiliki modul hitam berupa persegi, titik atau piksel, dan memiliki kemampuan menyimpan data alfanumerik, karakter dan simbol. Bingung? Intinya, QR Code ini adalah pengembangan teknologi yang membantu perangkat dalam men-transfer sejumlah data agar kegiatan yang dilakukan bisa terlaksana dengan cepat, efisien, dan simpel – misalnya dalam hal bayar membayar.


Apa yang dimaksud dengan QRIS?

QRIS memiliki kepanjangan Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS ini adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code yang kalian lakukan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Apa yang membedakan QRIS dengan QR Code pembayaran yang telah digunakan selama ini?

Dengan adanya QRIS, maka sekarang seluruh transaksi pembayaran yang menggunakan QR Code hanya memerlukan satu QR Code aja nih.. karena kode QR itu yang sudah terintegrasi dengan seluruh aplikasi yang menyediakan dan/atau menerima pembayaran dengan QR code. Jadi, tidak perlu lagi kamu pusing-pusing dihadapkan dengan berbagai macam QR Code dalam satu merchant, karena dengan QRIS, cukup satu QR Code untuk semua.

Apakah keuntungan yang didapat oleh konsumen ketika menggunakan QRIS?

Kalian sebagai konsumen bisa lebih fleksibel dalam memilih aplikasi pembayaran dengan QR code ketika melakukan transaksi. Bayangkan, konsumen yang tadinya dihadapkan dengan QR code dari berbagai penyedia aplikasi sebelum melakukan transaksi pembayaran, sekarang hanya dihadapkan dengan satu QR code yaitu QRIS, tentunya jauh lebih fleksibel kan!
Apakah keuntungan yang didapat oleh merchant ketika menggunakan QRIS?
Dengan terintegrasinya QR code menjadi Satu QRIS untuk semua, maka proses transaksi menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat memangkas waktu antrean.
Tapi… merchant terutama bagian kasir juga harus mengingatkan konsumen saat sedang bertransaksi bahwa bagian pengecekan nominal dan informasi NMID itu penting! Supaya proses transaksi bisa berjalan dengan lancar dan pembayaran langsung diterima oleh merchant.


Darimana sajakah sumber dana yang digunakan pada transaksi QRIS?

Sumber dana pada transaksi QRIS adalah kartu debet, kartu kredit, dan/atau uang elektronik dari lembaga-lembaga yang disetujui oleh Bank Indonesia.

Berapakah batas nominal transaksi menggunakan QRIS?

Nominal transaksi QRIS dibatasi paling banyak sebesar Rp 2.000.000,00 (dua juta rupiah) per transaksi. Penyedia aplikasi pembayaran dapat menetapkan batas nominal kumulatif harian dan/atau bulanan atas transaksi QRIS yang dilakukan oleh setiap pengguna QRIS, ditetapkan bersadarkan manajemen risiko mereka pribadi.
Bagaimana penggunaan QRIS untuk transaksi yang menggunakan alat pembayaran dari luar negeri?
Penggunaan QRIS hanya dapat dilakukan jika alat pembayaran yang digunakan sudah memperoleh persetujuan dari Bank Indonesia.


How It Works
Langkah-Langkah mudah menggunakan aplikasi SPIN :

Aplikasi uang elektronik, dompet elektronik, dan transaksi tanpa uang tunai

Smart Payment Indonesia, atau dikenal dengan nama SPIN, adalah aplikasi yang didesain untuk kemudahan transaksi keuangan anda secara non-tunai. SPIN memiliki fitur e-money, e-wallet dan digital remittance. 


SPIN memiliki fitur sebagai berikut :

1. SPIN Cash - Merupakan uang elektronik atau e-money yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara digital. 

2. SPIN Wallet - Dapat menyimpan kartu debit dan kredit anda berlabel Visa dan Master anda di dalam aplikasi. Sehingga bisa digunakan juga bertransaksi secara digital tanpa harus repot membawa kartu anda.

3. SPIN transfer - Untuk kebutuhan transfer saldo anda, baik ke sesama SPIN user maupun ke rekening bank anda.

4. Alat pembayaran di toko dengan media QR Code.

5. Pembayaran tagihan PLN, Air rumah tangga, Provider telekomunikasi, TV Kabel dan tagihan lainnya.

6. Pembelian digital voucher seperti Pulsa Telekomunikasi, Token PLN, Voucher Games, dan lainnya.

7. Menikmati berita dan entertainment lainnya yang di-provide oleh MNC Group sebagai Media Group terbesar di Indonesia.
______________________________________
______________________________________

Selengkapnya tentang SPIN - Smart Payment Indonesia, klik link dibawah ini : 






___________________________

CONTACT US
Jl. Kebon Sirih No.17-19, RT.15/RW.7, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 1034
1500 899 (ext. 4)
cs@spinpay.id


KoloBaliGuide


Tentang KoloBaliGuide
Kebijakan Privasi
Syarat dan Ketentuan

Follow us
                                           

KoloBaliGuide| Juli 2020

__________________________________


Komentar

Postingan populer dari blog ini

QRIS, dari BNI Mobile Banking

QRIS dari BRImo BRI

QRIS, Dari M - Smile PT. Bank Mega, Tbk